• PERSATUAN DOKTER SPESIALIS MATA INDONESIA
  • OLEH WAKIL KETUA PB IDI
  • DON'T MISS IT !

Sabtu, 23 November 2013

OPINI. PERLUKAH 'KELOMPOK SEMINAT' DITINJAU ULANG ?.



 Dr. Riki Tsan,SpM
 Anggota Departemen Organisasi PP Perdami priode 2013-2016


Pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas ) Perdami 7-8 Juli 2012 di Surabaya, pada sesi rapat Pengurus Pusat ( PP )  Perdami dan Pengurus Cabang Perdami telah diusulkan untuk melakukan tinjauan ulang terhadap penamaan Kelompok Seminat seperti terdapat di dalam struktur Pengurus Pusat  ( PP ) Perdami.  Salah satu alasannya ialah bahwa penamaan Seminat juga terdapat di dalam struktur Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( PB IDI ) yakni Perhimpunan Dokter Seminat dan akan merancukan keduanya dalam konteks tata tertib administrasi keorganisasian .

Nah, untuk tidak mengacaukan  istilah Seminat ini, maka peserta Rakernas Perdami pada saat itu telah mengusulkan untuk merubah istilah Kelompok Seminat yang terdapat di dalam struktur  PP Perdami.
Apakah usulan perubahan ini cukup realistis ?.


 Mari kita lihat terlebih dahulu bagaimana kedudukan Perdami di dalam struktur PB IDI.

Di dalam Anggaran Rumah Tangga ( ART )  Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ) pada Pasal 31, Perhimpunan Dokter Spesialis termasuk salah satu dari 4 anggota ( unsur ) dari Majelis Pengembangan Pelayanan Keprofesian ( MPPK ). Tiga anggota lainnya ialah Perhimpunan Pelayanan Dokter Tingkat Pertama ( PPDP ), Perhimpunan Dokter Seminat ( PDSm ) dan Perhimpunan dalam Badan Kajian
MPPK adalah badan otonom IDI di tingkat pusat yang bertanggung jawab kepada sidang khusus muktamar ( Pasal 31 ayat 1.a ).


Disini terlihat bahwa, kedudukan Perhimpunan Dokter Spesialis ( salah satunya adalah organisasi Perdami ) setara dengan kedudukan Perhimpunan Dokter Seminat, yaitu sama sama anggota MPPK.

Bagaimana kedudukan Kelompok Seminat Perdami di dalam struktur  PP Perdami ?.

Adapun terkait dengan Kelompok Seminat, termaktub di ART Perdami Bab VIII tentang Keseminatan Bidang Ilmu Kesehatan Mata yang telah diamandemen pada Kongres Nasional Perdami ke-13 di Palembang 2013 . Di dalam struktur PP Perdami, Kelompok Seminat berada di bawah Departemen Pembinaan dan Pengembangan Profesi ( DP3). DP3 sendiri berada di bawah Ketua Umum PP Perdami.


Nah, mari kita  bandingkan kedudukan Kelompok Seminat  dan Perhimpunan Dokter Seminat ( PDSm ) .


Kelompok Seminat berada di bawah DP3. DP3 berada di bawah Ketua Umum PP. Ketua Umum PP adalah salah satu anggota MPPK IDI, yang kedudukannya setara dengan PDSm.

Dari sisi terminologis, juga terlihat perbedaan antara Kelompok Seminat dan Perhimpunan Dokter Seminat .
Kelompok Seminat Perdami adalah wadah anggota yang mempunyai kesamaan minat untuk mempelajari dan lebih trampil dalam memberikan pelayanan medik dalam satu atau lebih bidang subspesialisasi ilmu kesehatan mata (oftalmologi). Kelompok Seminat ini seakan akan sebagai badan otonom Perdami yang bisa berbentuk organisasi formal atau nonformal yang tentu saja memiliki struktur kepengurusannya sendiri ( ART Bab VIII,pasal 25 ).

Bagaimana tentang  Perhimpunan Dokter Seminat IDI ?.

Tentang Perhimpunan Dokter Seminat ( PDSm ) IDI termaktub di dalam ART IDI, Pasal 45. Pada ayat 1 Status Khusus, disebutkan bahwa dokter – dokter yang mempunyai minat yang sama dalam lapangan ilmu kedokteran maupun bidang ilmu non kedokteran yang menunjang pengembangan keilmuan dan profesi kedokteran , bergabung dalam wadah Perhimpunan Dokter Seminat ( PDSm ).


Contoh, Perhimpunan Dokter Seminat Tulang Belakang Indonesia ( Pertubesi atau Indonesia Spine Society ) pengurusnya terdiri dari Dokter Spesialis Bedah Ortopedi, Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, Dokter Spesialis Radiologi, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Anastesi, Dokter Spesialis Syaraf dan BedahSyaraf,Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dan Dokter Spesialis Akupunktur. Anggotanya terdiri dari dokter dari berbagai multidisiplin. Selain yang telah disebut di atas, ada juga epidemiolog, kedokteran jiwa dan dokter umum.

PDSm yang sudah eksis sekarang ini , selain Pertubesi, ada lagi Perhimpunan Dokter Seminat Neuroimaging Indonesia , Perhimpunan Dokter Seminat Asuransi Indonesia dan lain lain.

Jadi, dalam kacamata IDI, istilah Seminat dinisbatkan kepada sekumpulan dokter spesialis dari berbagai latarbelakang keilmuan/disiplin yang berbeda , ditambah dokter umum dan profesi non dokter yang memiliki minat yang sama dalam bidang ilmu kedokteran tertentu atau juga bidang ilmu non kedokteran tetapi yang menunjang pengembangan ilmu dan profesi kedokteran.

Dengan perbedaan kedudukan dan perbedaan terminologi antara Kelompok Seminat Perdami dan Perhimpunan Dokter Seminat IDI seperti telah diuraikan di atas, maka pertanyaannya ialah apakah istilah Kelompok Seminat  Perdami dan kedudukannya di dalam struktur organisasi harus kita tinjau ulang  ?.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar